top of page
  • Writer's pictureAdmin

Apa Itu Kolaborasi? Pengertian, Manfaat, dan Tujuan

Dilansir survei McKinsey, dari 80% senior executive leader, hanya 25% yang mampu berkolaborasi. Sedangkan di level karyawan, hanya 5% yang mampu berkolaborasi. Hal ini pastinya bisa menjadi salah satu pandangan bahwa kolaborasi itu sangat penting dan hanya mampu digunakan beberapa orang saja di perusahaan.


Nah, hasil survei ini membuktikan bahwa kolaborasi bukanlah hal yang mudah. Lalu, apa itu kolaborasi, tujuan, dan manfaat kolaborasi? Simak artikel berikut ini.


Apa Itu Kolaborasi?

Kolaborasi adalah proses bekerja sama untuk menghasilkan ide atau gagasan dan memecahkan masalah bersama menuju visi bersama. Dalam organisasi maupun perusahaan yang saling bergantung, kolaborasi merupakan kunci pemikiran kreatif.


Kolaborasi penting untuk mencapai hasil terbaik saat memecahkan masalah yang kompleks. Agar kolaborasi berhasil, diperlukan untuk mengidentifikasi kapan dan bagaimana berkolaborasi. Tujuan kolaborasi yakni untuk menyatukan individu, institusi, organisasi, dan masyarakat dalam suasana yang mendukung solusi sistematis dan muncul untuk masalah yang tidak dapat diselesaikan dengan mudah oleh satu kelompok saja.


Jadi sangat penting untuk dilakukan oleh perusahaan maupun instansi lainnya dalam melakukan kolaborasi. Karena dengan kolaborasi ini akan menyatukan kekuatan khusus agar dapat memaksimalkan tujuan yang ingin dicapai sehingga pekerjaan yang tadinya dilakukan sendiri, dengan adanya kolaborasi kamu bisa bekerja bersama orang lain.


Selain ketahui kolaborasi, kamu juga perlu mengetahui cara mendapatkan sponsor untuk acara. Agar kamu bisa menelaah dan mengonsep acara dan proposal sponsor mu lebih baik lagi dan dapat diterima oleh donatur atau investor.


7 Manfaat Kolaborasi

Selain mengetahui lebih lanjut mengenai pengertian kolaborasi dan tujuannya. Kamu perlu mengetahui manfaat kolaborasi. Ini bisa menjadi referensi kamu dalam bekerja dan berkolaborasi nanti.


Ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebelum melakukan kerjasama bisnis dengan pihak lain. Berikut adalah tujuh alasan mengapa kamu perlu melakukannya. Dan bagaimana manfaat bisnis atau kerjasama bisnis ini mempengaruhi kelancaran bisnis.


1. Mendapatkan inspirasi

Tidak bisa dipungkiri, melalui kolaborasi kamu akan mendapatkan beberapa perspektif baru yang berpeluang untuk mengembangkan bisnismu.


Pada akhirnya, hal ini akan memberikan inspirasi mengenai langkah yang tepat untuk menjaga agar bisnis tetap kreatif dan inovatif. Nah, hal ini bisa dilakukan jika kamu berkolaborasi dengan orang lain dalam membangun bisnis.


2. Belajar satu sama lain

Dari kolaborasi, manfaat terbesar yang sering dilupakan orang adalah bisa saling belajar, terutama dalam mengembangkan bisnis.


Menurut Jostle, melalui kolaborasi, orang bisa saling memberi masukan dan belajar dari pengalaman masing-masing yang berbeda.


Bayangkan saja, kamu memiliki latar belakang IT, sedangkan rekan kerja kamu memiliki latar belakang desain.


Nah, dari situ kamu bisa berkolaborasi dengan indah belajar tentang latar belakang masing-masing.


Di sisi lain, hal ini juga berlaku ketika mengalami pasang surut dalam bisnis atau dalam hal etika bisnis. Kamu dapat belajar dari satu sama lain bagaimana menangani hal-hal ini.


3. Menyelesaikan masalah dengan mudah

Saat sendirian, terkadang masalah yang kita hadapi sulit untuk diselesaikan. Nah, ketika ada perspektif yang muncul dari orang lain, sepertinya masalah tersebut sudah menemukan jalan keluarnya.


Di sinilah pentingnya manfaat kolaborasi dalam bisnis. Ketika ada masalah, tidak hanya satu orang yang memikirkan jalan keluarnya. Ada kepala lain yang bisa berpikir di luar kotak.


Jadi, jangan lupakan kolaborasi, baik dalam bisnis maupun kegiatan lainnya.


4. Networking

Semua orang membayar bahwa bisnis adalah tentang jaringan. Jika jaringan semakin luas, otomatis bisnis di depannya bisa lancar.


Bayangkan saja jika kamu dan rekan bisnis memiliki banyak kenalan. Otomatis, hal ini akan memudahkan kamu untuk mencari relasi, baik dari relasi maupun kolegamu.


Misalnya, kamu memiliki bisnis pakaian dan membutuhkan konveksi. Sayangnya, kamu tidak memiliki kenalan konveksi terbaik. Sebaliknya, mitra bisnis kamu memiliki kenalan konveksi dengan bahan yang nyaman digunakan.


Secara tidak langsung, kolaborasi juga membuat kalian saling melengkapi.


5. Menciptakan perubahan yang positif

Karena ada dua pimpinan yang berkolaborasi, keuntungan yang bisa didapat adalah bisa menciptakan perubahan positif dalam bisnis.


Pasalnya, setiap orang tentu memiliki ide dan pemikiran yang berbeda dalam memandang sebuah bisnis. Nah, melalui kolaborasi kamu bisa membuat perubahan positif. Bahkan, tidak menutup kemungkinan terciptanya produk atau jasa yang luar biasa.


6. Membuat inovasi

Berkolaborasi dengan bisnis lain memungkinkan kamu melakukan lebih banyak lagi. Mengambil resiko dalam menjalankan bisnis itu penting, dan kolaborasi memberimu ruang dan keberanian untuk melakukannya.


Mengambil resiko ini akan mendorong pembelajaran yang akan menghasilkan inovasi sehingga memungkinkan peluang yang lebih besar dan arah baru untuk masa depan.


Kenali juga konsep gathering ini yang bisa membantu kamu dalam berkolaborasi dengan team. Sehingga hal ini bisa membantu kamu menghasilkan bonding yang lebih nyata.


7. Meningkatkan kredibilitas brand

Jika kamu melakukan kolaborasi dengan brand yang lebih besar, maka itu akan membuat brand kamu sendiri lebih kredibel dari eksposure.


Misalnya, kamu bermitra dengan seseorang untuk berkolaborasi dan mereka mengunggah tautan situs web kamu di platform mereka. Sehingga, orang akan menilai bahwa brand kamu memiliki peran penting bagi bisnis orang lain.


Demikianlah pengertian, tujuan, dan manfaat kolaborasi yang patut kamu ketahui semoga dengan artikel ini kamu bisa lebih menyadari arti makna kolaborasi dan kepentingan bisnis lainnya. Pastinya dengan kolaborasi kamu akan lebih efektif dalam melakukan pekerjaan!


XOEO merupakan salah satu event organizer jakarta yang siap membantu untuk menyelenggarakan event yang profesional. Kelancaran bisnis melalui kolaborasi pastinya akan lebih mudah dibandingkan dengan bekerja sendiri.


Ingin mengetahui lebih lanjut mengenai event organizer dan lainnya? Kamu bisa klik link disini!


272 views0 comments

Comments


bottom of page