top of page
  • Writer's pictureAdmin

Catat! 13 Cara Meningkatkan Motivasi Karyawan Agar Semangat Terus

Updated: Apr 25, 2023

Rutinitas kerja yang membosankan memang bisa menurunkan motivasi bekerja. Oleh karena itu penting sekali memahami bagaimana cara meningkatkan motivasi karyawan dalam bekerja, agar kinerja mereka sesuai target dan menciptakan suasana yang menyenangkan.


Nah, untuk mengetahui lebih jelas mengenai bagaimana cara meningkatkan motivasi kerja karyawan. Mari kita simak uraian lengkap di bawah ini.


Cara Meningkatkan Motivasi Karyawan Agar Semangat Kerja


Berikut adalah cara meningkatkan motivasi karyawan yang dapat kamu terapkan untuk perusahaan:


1. Apresiasi kinerja pekerjaan

Siapa sih yang tidak suka diapresiasi? Setiap orang pasti menginginkannya bukan? Nah, untuk itu kamu sebagai atasan atau leader dari suatu perusahaan penting sekali mengapresiasi kinerja karyawan.

Apresiasi ini tidak melulu berupa pujian atau pemberian hadiah semata pada kinerja karyawan yang sudah baik dan berdampak pada perusahaan. Melainkan, juga bentuk nasihat dan pengamatan kinerja yang menurun dalam kurun waktu tertentu.


Apabila karyawan mengalami penurunan kinerja, tanyakan dan validasi bagaimana ia mengalami kesulitan dalam pelaksanaan kerjanya. Selain memajukan kualitas dan semangat karyawan, hal ini juga berdampak baik bagi perusahaan.


2. Tetapkan target kecil dan terukur

Target yang luas dan tidak spesifik terkadang membuat karyawan bingung dalam menjalankan kinerjanya. Ujung-ujungnya mereka malas dan tidak bergairah dalam menjalankan kinerjanya. Terlebih lagi jika terjebak dalam rutinitas yang itu-itu aja bisa melemahkan semangat kerja.


Jadi, kamu perlu membuat target-target kecil untuk membuat progres kerja sehingga terasa menyenangkan dan efektif. Menetapkan tujuan yang jelas dan dapat dicapai akan memberikan dorongan motivasi tersendiri bagi karyawan.


3. Rayakan setiap pencapaian baik

Setelah menetapkan target dan apresiatif kepada karyawan, sebaiknya kamu memperbesar efek pencapaian dengan merayakannya bersama.


Hal ini bukan berarti kamu harus bertepuk tangan setiap kali karyawan berhasil bekerja tepat waktu. Namun, menjelaskan betapa setiap pencapaian ini sangat berarti dalam memajukan perusahaan.


4. Meningkatkan kerja kolaboratif

Kerja secara kolaboratif atau secara tim adalah salah satu cara meningkatkan motivasi karyawan. Nah, hal ini perlu didukung atmosfir yang baik dalam menciptakan lingkungan kerja yang tepat.


Teman kerja yang saling mendukung dan saling memotivasi akan berdampak pada semangat kerja karyawan.


5. Bersikap transparan dan rasa hormat

Bekerja dengan semangat membutuhkan basis hubungan yang saling percaya. Sebagai pemimpin, kamu harus menumbuhkan budaya transparansi di lingkungan kerja.


Tunjukkan bahwa tidak ada maksud lain pada setiap tindakan bisnis, selain mencapai target yang sudah ditetapkan bersama sebelumnya. Transparansi juga membantu setiap karyawan bekerja dengan informasi yang sama dan sesuai tujuan.


Dalam bekerja juga penting menumbuhkan rasa saling percaya dan rasa hormat kepada setiap individu. Karena saat seseorang bekerja dengan kepercayaan diri yang tinggi akan menghasilkan kinerja yang optimal.


6. Berkomunikasi dengan efektif

Sebagai pemimpin, kamu perlu menyisihkan waktu untuk benar-benar dapat berkomunikasi dengan karyawan, baik komunikasi secara langsung atau via telpon.


Tunjukkan bahwa kamu melihat mereka sebagai pribadi dan jalin komunikasi dua arah dimana mereka mau mengutarakan pemikiran mereka terkait pekerjaan di perusahaan. Tanyakan apa yang dibutuhkan dalam mendukung pekerjaan mereka.


Budayakan komunikasi dengan mendorong mereka terlibat dalam membentuk keputusan dan budaya perusahaan.


7. Kesejahteraan karyawan diutamakan

Kesejahteraan karyawan juga bagian dari hal fundamental dalam tujuan diciptakannya perusahaan. Kesehatan fisik dan mental karyawan juga perlu diperhatikan dalam meningkatkan motivasi kerja karyawan.


Hal sederhana yang perlu diperhatikan adalah apakah karyawan mempunyai waktu cukup untuk istirahat dari rutinitas pekerjaan. Di sisi lain, berikan gaji sesuai dengan beban kerja dan keahlian karyawan.


8. Stop lakukan micromanage

Target kecil memang membuat fokus kerja karyawan lebih efektif, namun bukan berarti perusahaan melakukan micromanage yang berlebihan bahkan cobalah untuk berhenti melakukannya.


Kenapa? Karena kebebasan kerja sesuai karakter mereka akan menumbuhkan semangat dan motivasi yang baik bagi karyawan. Cukup percayakan target yang sudah disepakati bersama tanpa perlu ikut campur pada hal-hal kecil lainnya seperti penentuan kapan jam kerja efektif yang mereka butuhkan.


9. Ciptakan lingkungan kerja yang nyaman

Dewasa ini lingkungan kerja yang nyaman adalah lingkungan modern, seperti memberikan kesenangan kerja berbaur dengan alam, ruangan penuh cahaya alami, serta suhu yang nyaman untuk bekerja.


Saat ini juga tidak sedikit kantor yang dilengkapi dengan ruang santai, ruang makan, atau ruang untuk saling bercengkrama satu sama lainnya.


10. Dorong karakter inovatif dan kreativitas

Kejenuhan dapat menurunkan motivasi kerja. Izinkan setiap karyawan menunjukkan sisi kreatif mereka dan membawa ide-ide segar ke proyek perusahaan.


Dorong motivasi keterlibatan karyawan untuk menyumbangkan ide untuk produk, merek, logo baru, atau lainnya.


11. Tawarkan opsi kerja yang fleksibel

Opsi kerja yang fleksibel kini kerap digandrungi, karena kondisi ini akan membentuk kinerja yang menyenangkan dan meningkatkan motivasi kerja.


Misalnya dengan tidak memberikan batasan waktu kapan harus dikerjakan, atau memberikan kapan waktu efektif dalam bekerja sesuai kebutuhan karyawan. Serta memebrikan jatah beberapa waktu untuk kerja di luar kantor pasti akan menyenangkan bagi karyawan.


12. Bekali pelatihan dan pengembangan diri karyawan

Sebagai karyawan yang sumber daya manusianya dimanfaatkan bagi tujuan bersama, tentu perlu rasanya kamu perlu memberikan pembekalan terhadap karyawan untuk mengembangkan potensi yang dimiliki.


Serta tentunya memberikan wawasan terkait teknologi dan informasi terbaru kepada karyawan rasa-rasanya sangat berdampak besar dalam menumbuhkan motivasi kerja yang menyenangkan.


13. Adakan liburan bersama

Kejenuhan bekerja juga perlu diatasi dengan melakukan liburan bersama. Tidak hanya menyenangkan, tapi juga akan memupuk rasa kebersamaan dan bounding antara karyawan dengan karyawan lainnya atau bahkan dengan budaya perusahaan.


Liburan ini juga akan merefresh kinerja karyawan dan menaikkan mood bekerja yang lebih efektif lagi kedepannya.


Nah, itu dia ke-13 cara meningkatkan motivasi karyawan agar semangat kerjanya terus meningkat. Bagaimana? Kamu tertarik menyenangkan karyawan bersama-sama dalam waktu dekat? Yuk konsultasikan saja bersama XOEO Indonesia


14 views0 comments

Comments


bottom of page