top of page
  • Writer's pictureAdmin

Bingung? Ini Dia 10 Games Untuk Acara Online

Updated: Apr 25, 2023

Untuk kalian yang kerap mengikuti pertemuan online dan mudah bosan? Cobalah menyisipkan waktu dengan mengadakan games untuk acara online kalian. Dijamin suasana akan seru dan lebih menarik.


Games online bisa dimainkan bersama untuk mengasah kreativitas, kekompakan, dan critical thinking dengan cepat. Selain itu juga dapat dijadikan alternatif gathering secara instan dan virtual.


Tidak hanya seru, games yang tepat dapat dijadikan alternatif untuk menciptakan bounding bersama tim kalian. Oleh karena itu, cobalah pikirkan games apa yang bisa anda mainkan bersama tim anda.


10 Games untuk Acara Online

Berikut adalah 10 games untuk acara online yang bisa kamu terapkan bersama tim kamu. Mau coba? Yuk simak penjelasannya berikut ini.


1. Gartic.io

Games pertama yang bisa digunakan secara online adalah gartic.io. games jenis ini dapat dimanfaatkan oleh berbagai kalangan usia, baik muda atau tua. Karena games ini tergolong mudah dan tentunya gratis.


Permainan gartic.io merupakan permainan menggambar secara bergantian oleh setiap anggota meeting, kemudian gambar tersebut harus ditebak bersama melalui kolom komentar.


2. Online Bingo

Kalian pastinya tidaklah asing dengan games yang satu ini. Ya, games jadul ini sudah merambah dunia online, sehingga bisa kita manfaatkan bersama-sama ketika online meeting.


Sebut saja games Bingo, games sejuta umat. Bahkan permainan ini dapat diikuti oleh 1000 peserta sekaligus melalui kanal bingomaker.com. Sistem permainan ini masih sama seperti bingo secara offline. Hanya saja kita menyusun angka secara acak dan menandainya ketika disebut.


Permainan sederhana ini tidak hanya menyenangkan, melainkan juga mengasah ketelitian, dan strategi permainan yang apik.


3. Tebak Kata

Selama Anda mengikuti kegiatan online meeting, pastinya Anda akan dapat menggunakan mic sesuai kebutuhan Anda. Nah, dengan demikian Anda dapat menggunakan fitur ini dengan permainan tebak kata.


Cara mainnya adalah dengan berbicara dengan kata yang Anda kehendaki kepada audiens. Dan kalimat yang diucapkan ini selanjutnya akan merujuk pada kata yang harus ditebak audiens.


4. Trivia Quiz

Games yang satu cocok dimainkan untuk acara online dengan audiens anak-anak muda. Games ini dapat dijadikan batu loncatan untuk mengetahui intelegensi mereka.


Cara main dari games Trivia ini adalah menyiapkan beberapa pertanyaan lengkap dengan pilihan jawaban yang menjebak untuk tim Anda. Permainan ini cukup menghibur dan menarik, terlebih lagi jika dimainkan oleh banyak orang atau lebih dari satu grup di dalam online meeting tersebut.


5. Charades Game

Games untuk acara online selanjutnya adalah games Charades. Yakni games jadul yang kerap kita mainkan secara offline. Meski via online, keseruan dari games ini tidaklah berkurang, justru Anda dapat memperhatikan lawan main secara bersama-sama dan menyenangkan.


Cara mainnya adalah dengan ada satu orang sebagai peraga kata dan ada pula yang diwajibkan menebak kata yang diperagakan. Anda dan tim dapat menyesuaikan kesulitan permainan ini sesuai kebutuhan dan tema.


6. Foto Siapa Ini?

Dengan membaca judulnya Anda pasti bisa menebak bagaimana permainan seru ini dapat dimainkan. Ya, dengan cara menebak bagian foto yang di zoom. Anda dapat menggunakan foto satu divisi kemudian foto di zoom.


Apabila tim Anda kesulitan dalam menyebutkan siapa pemilik dari foto ini, Anda dapat menambahkan clue atau petunjuk agar foto dapat tertebak dengan baik. Petunjuk ini dapat Anda berikan sesuai tema dan ketentuan bersama. Tidak perlu serius, cukup berikan sentuhan emoji dan bentuk-bentuk aneh, maka games ini akan mengundang gelak tawa.


7. Tebak Emoji

Permainan untuk online meeting berikutnya adalah tebak emoji. Biasanya, permainan ini menggunakan ide judul lagu populer yang harus ditebak. Judul lagu disajikan berupa susunan emoji-emoji lucu dan menggemaskan.


Kemudian, dari susunan emoji ini dapat ditebak kata atau kalimat apa yang harus ditebak. Kalimat inilah yang kemudian dibentuk sebagai judul lagu. Permainan ini cukup lucu bukan?! Coba praktekan bersama tim online-mu ya.


8. Tebak Lagu dengan Suara Google

Masih berhubungan dengan lagu, kali ini kita dapat bermain dengan menggunakan teknologi suara google. Cara mainnya adalah dengan menyediakan voice record dari google yang menyanyikan sebuah cuplikan lirik lagu.


Lirik ini harus ditebak oleh para anggota online meeting dan kemudian disambung menjadi lagu yang enak didengar. Serta mereka harus menyebutkan judul lagu itu dengan benar.


9. Sajak Berima

Permainan ini cukup menguras pikiran, sebab harus memikirkan sajak kedua yang sesuai dengan sajak yang sudah disampaikan sebelumnya.


Lebih detailnya adalah dengan menyebutkan sajak pertama, kemudian anggota tim berikutnya sajak kedua dengan menyesuaikan rima sajak pertama. Begitu secara berulang ulang. Bagaimana? Seru bukan?


10. Bercerita

Games untuk acara online berikutnya adalah dengan bercerita. Games ini cukup unik dimainkan untuk mengasah kreativitas bersama secara acak.


Cara bermainnya adalah dengan bercerita sesuka hati kita, kemudian berhenti dan dilanjutkan oleh anggota tim lainnya.


Cara melanjutkannya adalah dengan memperhatikan kata terakhir yang digunakan anggota sebelumnya. Kata terakhir yang diucapkan akan menjadi kata pertama pada pemain berikutnya. Begitu seterusnya sampai seluruh anggota bercerita dalam satu kalimat.


Nah itulah ke-10 games untuk acara online yang dapat Anda coba bersama tim kerja, tim belajar, atau anggota tim lainnya. Bagaimana? Anda tertarik mencobanya?


Untuk Anda yang ingin menyelenggarakan acara atau event tertentu buat kantor atau instansi Anda, coba konsultasikan bersama jasa Event Organizer Indonesia


38 views0 comments

Comments


bottom of page