top of page
  • Writer's pictureAdmin

Inilah Tips Menyelenggarakan Meeting Agar Karyawan Termotivasi

Produktivitas para karyawan adalah salah satu hal yang selalu menjadi perhatian dari suatu perusahaan. Ketika karyawan bisa bekerja dengan efektif, maka keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan pun akan meningkat. Untuk meningkatkan keefektifan kinerja karyawan pun bisa dilakukan dengan berbagai cara, misalnya saja dengan rutin dilakukan training. Lalu apa jadinya jika karyawan tidak bisa bekerja dengan produktif? Apakah dampaknya fatal untuk perusahaan?

Ketika karyawan tidak bisa bekerja dengan efektif maka hal ini akan merugikan perusahaan. Contohnya saja karyawan akan menjadi malas-malasan dan keuntungan yang didapatkan pun tidak bisa sebesar bulan kemarin. Bukan hanya itu saja, perusahaan bisa juga kalah saing dengan perusahaan karena kinerja karyawannya yang melambat. Apabila situasi ini bertahan dalam waktu yang lama, maka kerugian yang dialami perusahaan pun akan menumpuk. Bahkan bisa jadi perusahan tersebut bangkrut dan hal ini bukan hanya merugikan perusahaan namun juga karyawan itu sendiri. Pastinya tidak ada yang mau mengalami PHK karena perusahaan terus merugi bukan?


Mengadakan Meeting Juga Perlu Rencana, Hal Ini Perlu Dipersiapkan Agar Meeting Bisa Berjalan dengan Efektif


Tentunya perusahaan pun juga tidak bisa diam saja ketika menghadapi situasi ini. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk kembali meningkatkan keektifan karyawan adalah dengan mengadakan meeting. Meeting sendiri dilakukan dengan tujuan mempertemukan antara karyawan dengan atasannya untuk membahas beberapa permasalahan yang terjadi pada perusahaan tersebut. Perlu kita tahu jika meeting tidak hanya membahas permasalahan, namun juga beberapa hal yang sekiranya bisa memajukan perusahaan yang tidak hanya menguntungkan perusahaan namun juga karyawan.

Ketika mengadakan meeting pun diperlukan perencanaan yang matang, jangan sampai tujuan meeting tidak tercapai karena meeting yang tidak teroganisir. Perencanaan meeting pun bisa disusun bersama event organizer agar bisa berjalan dengan kondusif dan hasil dari meeting bisa tercapai. Nah, berikut adalah beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk meeting:

Menentukan topik yang sesuai untuk seluruh tim

Salah satu hal yang perlu dipersiapkan dengan baik ketika akan mengadakan pertemuan adalah dengan menentukan topik apa saja yang akan dibahas. Sebaiknya pun topik yang dibahas melibatkan semua departemen yang diundang pada meeting sehingga jalannya agenda ini tidak akan sia-sia belaka. Pemimpin rapat pun bisa mengandalkan bantuan dari event organizer Indonesia Jakarta untuk menganalisa apa saja topik yang sebaiknya dibahas pada meeting sesuai dengan kondisi perusahaan. Hindari untuk membahas topik di luar keahlian para peserta meeting karena hal ini akan menyebabkan meeting menjadi tidak terstruktur.

Menunjuk penanggungjawab untuk setiap topik

Setelah menentukan topik apa saja yang akan dibahas selama pertemuan berlangsung, kita pun sebaiknya menentukan siapa saja karyawan yang bertanggungjawab untuk tiap topik. Adanya penanggungjawab dari tiap topik yang dibahas akan memudahkan perusahaan untuk menganalisa permasalahan apa yang sebenarnya dihadapi. Tentunya penanggungjawab bisa mengusulkan apa yang sebaiknya diperbaiki supaya kinerja para karyawan bisa kembali efektif seperti sedia kala.

• Menentukan durasi pembahasan dari tiap topik


Salah satu kesalahan yang sering terjadi ketika meeting berlangsung adalah tidak ada jadwal yang jelas mengenai kapan selesainya meeting tersebut. Justru pertemuan bisa menjadi berkepanjangan karena perdebatan antara satu karyawan dengan karyawan lainnya yang tidak selesai-selesai dan menyebabkan durasi meeting menjadi sangat panjang. Oleh sebab itulah pemimpin rapat perlu menentukan berapa lama durasi tiap meeting sehingga meeting bisa berjalan dengan efektif. Seperti yang diketahui, meeting yang berkepanjangan juga akan kurang efektif terlebih jika peserta meeting juga banyak. Penentuan durasi tiap topik yang dibahas saat meeting ini juga bisa mengandalkan penanggungjawab meeting yang akan mengingatkan kita apabila satu sesi meeting sudah melebihi batas durasi.

Meminta pendapat karyawan selama meeting berlangsung


Salah satu tujuan diadakannya meeting adalah dengan melibatkan seluruh karyawan yang ada pada tiap departemen. Adanya pendapat para karyawan ini bertujuan untuk menemukan jalan tengah dari permasalahan yang dihadapi perusahaan ataupun departemen sehingga solusi tersebut bisa adil untuk tiap karyawan. Ketika karyawan kurang terlibat dalam menghadapi segala permasalahan meeting, maka bisa jadi ada karyawan yang merasa diperlakukan tidak adil dan justru memicu timbulnya permasalahan lainnya di kemudian hari.

• Melakukan evaluasi bersama


Ketika pertemuan sudah selesai, satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah dengan melakukan evaluasi bersama. Evaluasi ini bukan saja hanya bermanfaat untuk para petinggi perusahaan dalam membenahi budaya kantor namun juga untuk karyawan itu sendiri. Diharapkan setelah meeting selesai para karyawan pun bisa melakukan evaluasi diri sehingga kinerjanya bisa kembali efektif seperti sedia kala.


Ruang Kantor yang Kurang Kondusif Bisa Menjadi Penyebab Karyawan Tidak Semangat Bekerja, Simak Tips Mendesain Ruang Kantor Berikut!


Nah bagaimana? Pastinya sudah tidak bingung lagi kan apa saja yang harus dipersiapkan untuk meeting? Menurunnya kinerja karyawan sendiri bisa disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya karena situasi kerja yang kurang kondusif. Situasi di kantor ini bukan saja karena rekan kerja yang tidak bekerjasama, namun juga karena ruang kerja itu sendiri.

Tentunya perusahaan pun tidak bisa tinggal diam saja dalam menghadapi permasalahan ini. Perusahaan bersama event organizer Indonesia Jakarta bisa kembali mendesain ruang kerja kantor supaya kinerja karyawan kembali efektif dan juga semakin betah ketika di kantor. Nah, berikut adalah beberapa tips menata ruang kantor yang bisa dilakukan kapan saja:

Menambahkan dekorasi yang memuat konten motivasi


Meskipun kelihatannya sepele, namun memasang dekorasi yang memuat konten motivasi seperti kata-kata mutiara dari tokoh tertentu ternyata juga bisa meningkatkan semangat kerja para karyawan lho! Bisa juga kita memasang dekorasi yang bernuansa alam atau dekorasi abstrak yang akan membuat karyawan nyaman ketika bekerja di ruang tersebut.

Memasang aroma terapi di meja kerja


Aroma terapi adalah salah satu hal yang biasa digunakan seseorang untuk mengsir penat terlebih ketika gejala stres sudah terlihat. Tidak ada salahnya dengan meletakkan aroma terapi di meja kantor mengingat aroma terapi yang memang didesain untuk membuat kita lebih rileks. Bisa saja kita memilih aroma terapi yang lembut seperti vanilla, lavender, sandalwood, dan lain-lain.

• Permainan warna pada dinding


Warna dinding adalah hal berikutnya yang bisa menjauhkan karyawan dari stres. Lebih baik hindari mengecat dinding hanya dengan warna ptih karena hal ini cenderung membuat karyawan cepat bosan dan kurang inspirasi saat bekerja. Tidak ada salahnya untuk memadukan beberapa warna cerah sehingga menciptakan suasana hangat dan karyawan kembal bersemangat saat bekerja. Menata ruang kantor tidaklah sesulit apa yang kita bayangkan bukan? Selain menata kembali ruang kerja, kita juga bisa mengandalkan jasa event organizer untuk mengadakan beberapa event yang memang bertujuan untuk meningkatkan kinerja karyawan. Jika butuh jasa event organizer terbaik, klik disini.

Jangan lupa untuk memperhatikan tingkat kesejahteraan karyawan ketika menjalankan suatu perusahaan ya!


Anda butuh tim xtra ordinary event organizer?

19 views0 comments

Comentários


bottom of page