top of page
  • Writer's pictureAdmin

Kenali Kegiatan Outbound Pengertian dan Tujuannya!

Updated: Apr 25, 2023

Kamu sering mengikuti kegiatan outbound? Dimana dan dengan siapa kamu biasanya melakukan program tersebut? Apakah bersama kelompok kerjamu? Organisasi bisnismu? Seru bukan?!


Ya, kali ini kita akan membahas lebih dalam mengenai apa sih kegiatan outbound itu? Dan apa tujuan dari dilakukan program tersebut? Untuk mengenal lebih jauh, mari kita simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.


Pengertian Kegiatan Outbound

Outbound memang tidaklah asing bagi kita. Outbound sendiri sering dipahami sebagai kegiatan yang dilakukan di luar ruangan. Biasanya kegiatan ini perlu melibatkan banyak orang yang saling bahu membahu dalam memecahkan suatu tantangan atau mencapai tujuan.


Namun secara teoritis, outbound diartikan sebagai suatu bentuk pembelajaran segala ilmu terapan yang divisualisasikan dan dilakukan di alam terbuka dengan bentuk permainan secara berkelompok.


Meski disebut permainan yang seru dan menyenangkan, kegiatan outbound menggabungkan antara intelegensi, fisik, dan mental dari setiap anggota team itu sendiri.


Tujuan Outbound

Outbound memang salah satu kegiatan yang cukup menarik dalam suatu aktivitas kelompok. Tapi apa sebenarnya tujuan dilakukannya outbound? Untuk mengetahui jelasnya, mari kita simak penjelasan mengenai tujuan outbound berikut ini.


1. Merefresh Team dari Kejenuhan

Dalam suatu kelompok dengan aktivitas yang beragam, agaknya itu akan terasa sangat melelahkan dan menjenuhkan. Oleh karena itu, perlu adanya aktivitas tertentu yang dapat dijadikan alternatif tersendiri agar anggota suatu kelompok lebih fresh dan lebih fokus kembali.


Dengan aktivitas di luar terutama di dekat alam, kita akan menikmati suasana dan pemandangan yang indah. Terlebih lagi jika didukung dengan game yang menantang serta menuntut kerjasama, pasti akan menumbuhkan emosi yang kemudian meningkatkan produktivitas di kemudian hari.


2. Team Building

Kegiatan outbound ternyata tidak hanya seru untuk merefresh kejenuhan aktivitas selama bersama team. Outbound justru memberikan dampak yang baik dalam membangun team atau kelompok itu sendiri.


Dengan kata lain, team akan lebih solid, lebih mengenal anggota satu sama lainnya, pun juga mampu membangun kekompakan kelompok. Selain hal tersebut dengan adanya kegiatan outbound pastinya akan meningkatkan motivasi karyawan!


3. Menumbuhkan Teamwork

Outbound pasti identik dengan kerja sama antar anggota kelompok. Setiap tim akan ditantang untuk memecahkan masalah atau mencapai tujuan dari team secara bersama-sama.


Dengan melakukan outbound, maka setiap anggota akan terlatih dalam bekerja sama, saling bahu membahu, saling berempati satu sama lain, dan tidak mementingkan dirinya sendiri demi mewujudkan tujuan bersama.


4. Melatih Skill Komunikasi

Kegiatan outbound tidak hanya melatih fisik agar bergerak demi mencapai tujuannya. Tidak hanya itu, melainkan dibutuhkan komunikasi antar anggota kelompok dalam memecahkan masalah.


Inilah skill yang tidak kalah pentingnya dalam suatu organisasi atau kelompok, yakni berkomunikasi dengan baik dan mudah dipahami satu sama lain. Dengan mengikuti agenda outbound, kita dapat belajar berkomunikasi yang mudah dipahami, lalu bagaimana bahasa isyarat dan lisan juga dibutuhkan dalam membangun team, serta juga tidak jarang dapat membangun skill public speaking yang baik.



5. Meningkatkan Skill Leadership

Skill leadership adalah bagian utama dalam suatu organisasi atau kelompok. Oleh karena itu, penting sekali dalam membangun skill leadership bagi suatu kelompok dengan salah satu cara yakni mengikuti program outbound.


Kegiatan ini mampu membangun dan meningkatkan skill bagaimana membagi peran, mengorganisir kegiatan, dan lain sebagainya. Karena seperti yang kita ketahui, kegiatan outbound tidak dapat dilakukan sendirian bukan?





6. Meningkatkan Konsentrasi

Konsentrasi sendiri dapat diartikan sebagai daya fokus dan daya ingat pikiran seseorang terhadap suatu hal. Kemampuan ini adalah kebutuhan mutlak dimiliki oleh setiap individu dalam memecahkan masalah, mencapai tujuan, atau sekadar menyelesaikan tugasnya dengan baik.


Dengan melakukan aktivitas outbound sendiri diharapkan dapat mengembalikan daya fokus seseorang sehingga kinerjanya jauh lebih baik dan lebih produktif ke depannya.


7. Meningkatkan Kreativitas

Selain konsentrasi, kegiatan outbound mampu dijadikan alternatif membentuk karakter seseorang untuk lebih kreatif dan berdaya cipta.


Biasanya kegiatan ini mampu menstimulasi setiap anggota dalam menjalankan tugasnya lebih baik lagi dan tak sedikit dari mereka akan menghasilkan pemikiran yang out of the box.


Kenali juga lebih jauh mengenai pemasaran bisnis dalam segi event yang dikupas tuntas di artikel XOEO. Hal ini bisa menjadi salah satu daya tarik tersendiri untuk meraih pangsa pasar konsumen yang ada.


8. Meningkatkan Kemampuan Strategi Planning

Pernah mendengar strategi planning? Ya, kemampuan dalam suatu perencanaan baik itu memanajemen atau mengorganisir untuk mencapai suatu tujuan tertentu.


Nah, kegiatan outbound tidak kalah pentingnya dalam membangun pribadi dengan skill strategi planning yang cukup mumpuni. Kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama akan membangun kualitas bagaimana menyusun ritme mana yang harus dilakukan dan mana yang harus ditunda terlebih dahulu.


9. Meningkatkan Daya Analisis

Kegiatan outbound biasanya dilakukan di luar ruangan atau di tempat dengan suasana baru. Sehingga dengan demikian, akan membuat setiap orang akan merasa bahwa ini adalah ruang baru yang butuh diketahui, butuh dikenal, dan butuh dipahami.


Jika tidak, tujuan dari kelompok tersebut dalam suatu program outbound akan sulit dipahami karena mereka tidak mengenal bagaimana atmosfer lingkungan mereka dan bagaimana mereka harus bertindak serta menentukan keputusan.


10. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Setiap kegiatan outbound akan melatih rasa percaya diri setiap anggota. Kegiatan ini akan memberikan panggung setiap karakter individu dalam mengambil peran dalam mencapai tujuan bersama.


Saat individu tidak percaya pada dirinya sendiri, itulah kemudian yang akan menurunkan kualitas dari kelompok tersebut.


Itulah penjelasan mengenai pengertian dan ke-10 tujuan dilakukannya kegiatan outbound bagi kelompok yang dapat kamu terapkan bagi team atau organisasimu.


Untuk bantuan tim profesional dalam menggelar suatu acara formal atau noformal, kamu juga bisa meminta bantuan pada ahlinya, seperti menggunakan jasa Event Organizer Indonesia

72 views0 comments

コメント


bottom of page