top of page
  • Writer's pictureAdmin

Ketahui Macam Macam Event dan Karakteristiknya

Apakah kamu tahu bahwa event itu banyak macamnya lho! Bukan sekedar event organisasi ataupun perusahaan saja, melainkan event yang bertema budaya, musik, dan seni juga banyak diselenggarakan di Indonesia!


Yup! Event adalah suatu agenda, kegiatan atau festival tertentu dimana mempertunjukkan, memperlihatkan dan merayakan hal-hal penting yang terjadi pada waktu tertentu dengan tujuan untuk mengkomunikasikan pesan kepada konsumen atau pengunjung.


Selain jenis atau macam-macam event, kamu juga perlu mengetahui nih karakteristik event tersebut. Karena event memiliki karakteristiknya sendiri agar kamu dapat mengenal dan mengelola sebuah event yang casual dan mampu menarik perhatian banyak pengunjung dengan niche market yang sama.


Ingin mengetahui lebih lanjut mengenai macam macam event dan karakteristik event? Yuk simak artikel berikut ini ya!


Karakteristik Event

Event yang baik dapat dikatakan apabila memenuhi karakteristik event tersebut. Mengapa demikian? Karena dengan adanya karakteristik, event yang diselenggarakan akan lebih diferensiasi antara satu sama lain dan memiliki keunikan tersendiri.


1. Uniqueness

Kunci utama kesuksesan sebuah event merupakan pengembangan ide agar event tersebut memiliki keunikan tersendiri. Event dengan konsep yang berbeda pastinya bisa menjadi pengalaman yang berharga untuk pengunjung.


Keunikan (uniqueness) bisa datang dari peserta yang berpartisipasi, lingkungan, pengunjung dan banyak hal lain yang membuat event tersebut unik dan berbeda dari yang lain.


3. Perishability

Perishability adalah kemungkinan terjadinya suatu peristiwa yang tidak sesuai dengan rencana atau suatu peristiwa yang ternyata tidak memuaskan. Jika event tidak diselenggarakan dengan baik, maka tujuan yang ingin dicapai pada event tersebut tidak akan tercapai.


4. Intangibility

Setelah mengikuti event yang tersisa di benak para pengunjung adalah pengalaman yang mereka dapatkan dari penyelenggaraan event tersebut. Pengalaman ini bisa menjadi salah satu tingkat kepuasan dalam penyelenggaraan event.


Hal ini merupakan tantangan bagi penyelenggara untuk mengubah bentuk layanan yang tidak berwujud (Intangibility) menjadi sesuatu yang nyata sehingga bentuk terkecil sekalipun yang digunakan pada event tersebut dapat mengubah persepsi pengunjung. Seperti penggunaan kualitas audio-video yang selalu diingat oleh pengunjung event.


5. Personal Interaction

Personal Interaction merupakan salah satu ciri penting saat event berlangsung. Visi yang hadir dalam sebuah event juga berperan besar dalam kesuksesan event tersebut.


Misalnya partisipasi aktif penonton dalam sebuah event konser musik dimana penonton ikut bernyanyi untuk memberikan kontribusi dalam penampilan event tersebut. Jadi agar event tersebut tetap hidup dan menghibur banyak orang kamu perlu melakukan interaksi kepada pengunjung.


Selain karakteristik event kamu juga perlu mengetahui lebih lanjut mengenai konsep gathering untuk kantor yang pastinya mampu untuk menghibur serta meningkatkan bonding kepada karyawan di perusahaan maupun instansi.


8 Macam Macam Event yang Perlu Diketahui


Setelah mengetahui beberapa macam karakteristik event yang perlu kamu ketahui. Sekarang saatnya kamu kenali lebih lanjut mengenai macam macam event yang sering diselenggarakan di Indonesia.


1. Bazar Kuliner

Bazar kuliner adalah festival jajanan yang dimana menyajikan banyak makanan, masakan, minuman, hingga kudapan yang bisa kamu santap di tempat langsung atau bawa pulang.


Bazar kuliner yang terkenal di Indonesia seperti : Festival jajanan Bango, Bali Interfood Festival (Bali), Festival Kampoeng Tempo Doelo (Jakarta), dan Festival Jajanan Kekinian (Yogyakarta).


2. Pameran Otomotif

Event yang satu ini pastinya dinantikan oleh para kaum adam. Karena pada kesempatannya kamu dapat menyaksikan event special dengan otomotif yang sedang launching atau sedang dipamerkan agar menarik perhatian pelanggan untuk dibeli.


Pameran otomotif yang terkenal di Indonesia seperti : Indonesia International Motor Show (IIMS), Gaikindo Jakarta Auto Week (JAW), Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS), dan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS).


3. Pasar Merek Lokal

Event yang satu ini pastinya sering digandrungi oleh anak muda. Biasanya pasar merek lokal ini menghadirkan pameran fashion mulai dari baju, jaket, celana, sepatu, hingga aksesoris lainnya. Untuk menambah daya gedor pun event yang satu ini biasanya memadukan artis dan band-band ternama agar terhibur dan menarik perhatian pelanggan agar datang ke event tersebut.


Pasar merek lokal yang terkenal di Indonesia : Jakcloth, Kickfest, Jakarta Sneaker Day, Indie Clothing Expo dan Urban Sneaker Society.


4. Organizational Event

Bentuk event yang diselenggarakan oleh organisasi dengan tujuannya sebagai wadah untuk merealisasikan tujuan, harapan, dan cita-cita bersama para anggotanya


Contoh event-nya seperti EXPO/Pameran, Webinar dan Seminar, yang sering dilakukan oleh perusahaan maupun instansi terkait.


5. Cultural Event

Event yang dibalutkan dengan budaya dan seni dimana pengunjung dapat menikmatinya langsung sehingga bisa dirasakan oleh pengunjung. Cultural event juga pastinya akan menciptakan nilai, khas, dan diferensiasi tersendiri sehingga pengunjung dapat value tersendiri.


Contoh cultural event di Indonesia : grebeg maulud yogyakarta, karapan sapi madura, festival lompat batu, dan lain-lain.


6. Personal Event

Kegiatan yang melibatkan anggota keluarga atau teman dimana kategori event yang satu ini bisa dikatakan lebih sederhana. Contoh personal event yakni mengadakan pernikahan, dll.


Selain personal event tingkatkan kegiatan keluarga, teman, maupun karyawan kantor dengan kegiatan outbound.


7. Leisure Event

Sebuah kategori event yang dikembangkan dalam kegiatan olahraga yang didalamnya terdapat unsur kompetisi dan menarik banyak pengunjung.


Contoh leisure event yang ada di Indonesia seperti PON, Kejurnas, SEA Games, Indonesia Open, AFF, dan masih banyak lagi.


8. Festival Musik

Jenis event yang terakhir yakni festival musik, event yang dimana para musisi, band, maupun seni musik lainnya ini tampil di hadapan penonton. Tujuan utama mengadakan festival musik yakni untuk mempertahankan musik yang telah berkembang, memuaskan pecinta musik di Indonesia, dan keinginan musisi untuk memajukan industri musik di Indonesia.



Contoh festival musik di Indonesia Playlist, Java Jazz, WTF, DWP, Prambanan Jazz, Now Playing Fest, dan masih banyak lagi.



Nah itulah macam macam event dan karakteristiknya semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi kamu dalam memilih event yang kamu inginkan.


Apabila kamu tertarik untuk mengadakan event yang profesional. Kamu bisa hubungi kami dan konsultasi jasa event organizer jakarta bersama Xtra Ordinary Event Organizer sekarang juga!


3,657 views0 comments

Comments


bottom of page