top of page
  • Writer's pictureAdmin

Intip Konsep Gathering Unik Untuk Kantor 2023

Updated: Apr 25, 2023

Apakah kalian sering mengonsep gathering kantor dan kerap merasa kebingungan? Tenang, kali ini penulis akan membagikan beberapa konsep gathering unik yang bisa kamu coba di kantor tempat kamu bekerja. Apa saja itu? Simak penjelasannya di bawah ini.


Konsep Gathering Unik

Gathering di sebuah kantor memang susah-susah gampang. Dibutuhkannya konsep yang unik dan menyenangkan agar setiap anggota instansi dapat menjalin kebersamaan dan kekompakan satu sama lainnya. Adapun konsep gathering yang unik dapat kita simak berikut ini.


1. Outbound Training di Desa Wisata

Konsep gathering unik yang pertama adalah dengan melakukan outbound training bersama seluruh elemen kantor. Hal ini bisa dilakukan bersama keluarga. Kegiatan outbound rasanya selalu menarik jika diusung sebagai kegiatan inti dalam memberikan edukasi melalui berbagai permainan serta menikmati suasana desa yang sejuk.


Konsep yang satu ini tidak hanya mengasah kemampuan softskill, melainkan juga akan melibatkan fisik, akal, mental yang saling bersinergi. Dengan melakukan outbound bersama akan mendekatkan hubungan antar karyawan dan meningkatkan kekompakan.


2. Pentas Seni Soft skill

Konsep gathering yang perlu dicoba dalam sebuah instansi perkantoran berikutnya adalah dengan melakukan pentas seni. Pentas ini bisa dilakukan secara individu atau mengusung konsep berkelompok.


Serunya, konsep ini juga akan mengasah kepercayaan diri setiap anggota, serta menampilkan bakat-bakat yang terpendam dari setiap elemen perusahaan.


3. Gala Dinner dan Pentas live music

Gathering kantor tidak melulu harus di luar ruangan. Misalnya dengan menggelar gala dinner serta diiringi pentas musik rasanya juga cukup menyenangkan. Konsep ini bisa melibatkan setiap anggota kantor dalam menyumbangkan bakatnya, pun juga dalam menyelenggarakan pentas.


Selain itu, para karyawan dan tim di perusahaan bisa menikmati hidangan-hidangan yang enak dan menyenangkan sembari menikmati alunan musik yang dipentaskan.


4. Family Gathering

Konsep gathering unik yang tidak pernah salah adalah dengan melakukan family gathering. Konsep ini dapat diusung dengan melibatkan suami, istri, dan anak dari seluruh elemen kantor.


Selain kekompakan seluruh anggota kantor, konsep ini juga dapat mewujudkan keharmonisan hubungan dalam keluarga. Gathering ini bisa dilakukan dengan makan bersama, atau pengajian bersama, atau sekedar arisan kantor sembari makan-makan bersama.


5. Membuat Kerajinan Khas

Gathering di sebuah kantor kayaknya akan lebih seru dan produktif jika diiringi dengan membuat kerajinan tertentu. Selain akan mengasah skill setiap karyawan kantor, konsep ini juga akan mendukung konsep dari kantor yang bernuansa budaya nusantara.


Kerajinan yang dibuat bisa berbentuk vas bunga, taplak meja, atau perabotan kantor lainnya. Sehingga produk yang dihasilkan tidak hanya dapat dibuat pajangan, melainkan dapat difungsikan sebagai perabotan kantor yang unik dan khas.


6. Live In & Merasakan Kearifan Lokal

Dunia perkantoran biasa identik dengan daerah kota yang gemerlap lampu-lampu kota. Perlu suasana baru bagi setiap anggota kantor untuk merefresh pikiran yang jenuh dan lelah.


Solusinya adalah dengan menggelar kegiatan live in dan merasakan kearifan lokal. Dengan kata lain, para petinggi perusahaan dapat menyelenggarakan camping atau piknik di suatu pedesaan.


Atau juga bisa tinggal di beberapa desa sembari melakukan survei kearifan lokal dan analisa kebutuhan masyarakat sekitar. Barangkali, dengan demikian akan memupuk empati dan daya kritis serta analisis setiap anggota dalam menghadapi tantangan baru.


7. Kunjungan objek wisata

Kunjungan objek wisata memang tidak pernah membosankan. Kenapa? Karena kita juga bisa merefresh pikiran dari kesibukan yang ada. Dengan berkunjung ke suatu objek wisata akan membuat kita lebih fresh dengan bermain atau sekedar menikmati pemandangan alam yang bebas.


Kunjungan ini juga bisa dilakukan dengan melakukan games kekeluargaan atau bermain bersama di suatu wahana permainan.


8. Social Care

Kegiatan gathering tidak hanya melulu soal kunjungan atau permainan yang menyenangkan. Lebih dari itu. Kita bisa mengusung konsep social care dalam konsep gathering unik dan bermanfaat.


Konsep ini dapat memupuk rasa kebersamaan dan kepedulian sosial. Kita bisa membuat acara berbagi takjil di bulan ramadhan, atau berbagi kepada masyarakat miskin atau terdampak bencana di daerah sekitar.


9. Drama Making Awards di Objek Wisata

Kegiatan kebersamaan juga bisa diaplikasikan melalui pementasan drama. Konsep ini butuh dipersiapkan kira-kira dua minggu sebelum kemudian dapat dipentaskan sembari kunjungan di suatu objek wisata.


Setiap divisi kantor dapat memilih tema dan konsep yang menarik, mengedukasi, dan menghibur. Konsep drama ini cukup menarik dijadikan alternatif gathering yang unik di kantor kamu yang mengusung konsep kekeluargaan.


10. Meeting di Resto Ketika Senja

Gathering tidak harus ribet dan pergi jauh. Terkadang gathering juga perlu dilakukan di tempat yang dekat untuk menghemat energi agar tidak kelelahan.


Misalnya dengan melakukan meeting di restoran ternama sambil melakukan meeting bersama seluruh jajaran perusahaan. Kegiatan ini tidak hanya menyenangkan, melainkan juga dapat dijadikan alternatif bagi kantor yang terbatas dalam space meeting.


11. Foto Fashion dan Kostum Adat

Di beberapa kesempatan kita akan tetap bekerja pada tanggal atau momen hari besar Indonesia. Nah, momen ini tidak bisa dilewatkan begitu saja. Untuk beberapa instansi perkantoran juga bisa menjadikan momen ini untuk gathering.


Misal, setiap karyawan dapat mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah dan melakukan foto fashion. Bagi mereka yang terbaik akan mendapatkan hadiah menarik.



Nah itu dia beberapa konsep gathering unik yang bisa dijadikan opsi untuk kantor kamu. Coba aplikasikan dan nikmati kebersamaan di setiap momen. Jika kamu butuh bantuan profesional dalam menyelenggarakan acara kantor, yuk gunakan jasa Event Organizer Indonesia


2,249 views0 comments

Comments


bottom of page