top of page
  • Writer's pictureAdmin

Manfaatkan Sosial Media Dalam Peluncuran Produk Baru


Saat ini, setidaknya ada 2,3 miliar orang di seluruh dunia aktif menggunakan media sosial, menurut survey dari sebuah lembaga survey internasional, Statista. Bahkan ketika peluncuran produk yang digelar oleh sebuah event organizer Indonesia sekalipun, media sosial menawarkan solusi yang efektif dan murah untuk pemasar yang kreatif.

Kampanye Social Media Marketing harus kreatif dan unik. Kita bisa mencari ide-ide dari event organizer berikut ini untuk menginspirasi strategi media sosial marketing untuk peluncuran produk kita:


Luncurkan kampanye promosi yang kreatif


Sebelum meluncurkan produk, kita perlu membangkitkan rasa ingin tahu pemirsa target kita. Melakukan promosi atraktif dengan menyampaikan berbagai informasi secara lengkap penting untuk dilakukan. Cara ini bisa diatur sedemikian hingga publik punya rasa ingin tahu tinggi dan mencari tahu akan ada apakah gerangan? Ini yang diincar pemasar yang kreatif yang bus kamu kakukan sebagai event organizer Indonesia Jakarta dalam membuat acara peluncuran produk.


Tantang penggemar dan tawarkan hadiah


Apakah kita ingin melibatkan orang jauh sebelum peluncuran produk kita yang sebenarnya? Menciptakan tantangan menarik dengan janji insentif yang sesuai dapat menjadi strategi media sosial yang efektif untuk mempromosikan peluncuran produk kita. Ambil, misalnya, bagaimana HBO menantang penggemar "Game of Thrones" untuk hastag #CatchDrogon sebelum premiere Season 5 dari seri ini benar-benar diluncurkan.


Menawarkan ulasan produk di balik layar


Seperti halnya media sosial, ulasan produk di balik layar adalah cara yang bagus untuk melibatkan penggemar sebelum peluncuran produk baru. Ketika kita memposting foto dan video yang menampilkan apa yang terjadi di belakang layar, sama artinya dengan kita terus-menerus melibatkan audiens dan mempertahankan minat mereka terhadap produk kita.

Misalnya saja sutradara film top dunia Colin Trevorrow. Dia selalu update info untuk penggemarnya dengan berbagai suguhan foto di balik layar untuk "Jurassic World" sebelum dirilis. Dia memposting gambar non baku untuk memberi tahu para penggemar bahwa mereka telah selesai syuting film.


Buat hashtag dan bikin kontes yang menarik


Hashtag mendorong pengguna untuk berbagi konten dan menawarkan daya tarik terkait dengan orang-orang yang berpikiran sama. Salah satu contohnya adalah tagar #WellTravelled yang telah menarik jutaan pengguna di seluruh dunia. Daripada mengiklankan nama merek atau produk yang sebenarnya, Herschel membagikan tema yang terkait dengan merek tersebut.


Selain itu kontes juga bisa jadi cara yang efektif dalam sosial media marketing. Ketika orang diberi kesempatan untuk memenangkan sesuatu, mereka cenderung lebih bersemangat untuk mencari tahu produk yang sudah Anda targetkan. Intinya, kita harus kreatif dan up to date.


Perhatikan Foto saat launching Product


Dalam strategi pemasaran utamanya saat mau launching sebuah produk, maka kampanya melalui media offline dan online harus masif dan berkelanjutan. Isi materi promosi juga harus dahsyat. Kunci promosi yang hebat terletak pada foto produk dan acara yang akan digelar oleh event organizer Indonesia. Ingat pepatah, "sebuah gambar bernilai seribu kata".

Ambil contoh saja pada studi kasus Amazon. Pada pertengahan 90-an, banyak orang pesimis saat Amazon mengeluarkan program reseller dengan alasan bahwa orang-orang tidak akan membeli tanpa menyentuh barang dagangan terlebih dahulu.


Kini jaman telah berubah. Hampir 20 tahun berlalu, dengan penjualan e-commerce B2C global 5,7% dari tahun ke tahun, yang diperkirakan terus akan meningkat bahkan mencapai $ 885,70 miliar pada tahun 2015, saat ini kita sadar bahwa konsumen dapat membeli produk tanpa perlu memeriksa barang dagangan secara langsung! Salah satu faktor utama yang membantu pembeli potensial untuk yakin membeli produk adalah citra produk dalam sebuah foto yang menarik.


Tips Promosi Menjelang Acara Launching Produk


Berikut ini beberapa kiat penting untuk memastikan gambar produk kita bisa mengonversi tingkat kunjungan agar lebih baik dan menghasilkan penjualan.


Kualitas Gambar


Foto/gambar utama kita harus sangat tajam. Situs sekelas Amazon, misalnya, sangat ketat dalam pedoman gambar mereka. Misalnya saja latar belakang putih murni dan produk yang mengisi 85% + bingkai. Tidak ada keuntungan yang lebih besar bagi pembeli yang tertarik pada produk Anda selain dari gambar produk yang kasar. Pastikan kita mematuhi panduan foto yang dibuat oleh marketplace tempat Anda menjual produk.


Ukuran Foto Besar tapi Jangan Over


Jangan terhanyut dengan mengunggah gambar besar. Sebuah studi terkenal oleh Amazon menemukan bahwa setiap penundaan 100ms waktu buka halaman menyebabkan hilangnya 1% dalam penjualan. Foto ukuran terlalu besar membuat waktu loading jadi lama. Intuit juga menemukan bahwa setiap peningkatan 1 detik pada waktu pemuatan halaman menghasilkan peningkatan konversi sebesar 3%.

Pembeli online kurang sabar jadi jangan membuat mereka menunggu terlalu lama! Jika gambar kita terlalu besar, harus di edit agar hasilnya optimal.


Video sebagai alternatif gambar bergerak


Di antara gambar/foto yang ada, kita bisa membuat "tampilan lain", pertimbangkan untuk memperkenalkan produk dalam bentuk video. Tidak ada cara yang lebih baik untuk menampilkan produk daripada menampilkannya dari semua sudut dan dalam penggunaan yang sebenarnya. Video bisa mewakili strategi meningkatkan penjualan ini.

Tampilan foto dan grafik yang informatif bisa sangat membantu. Gambar, teks dan grafik demonstratif bisa jadi kombinasi pemasaran digital untuk meningkatkan penjualan secara efektif.


Jangan Lupa Gandeng Media Cetak dan Elektronik Melalui Event Organizer Agar Launching Produk Makin Gencar Gaungnya


Sejumlah media massa seperti media cetak, media elektronik maupun #media sosial menjadi salah satu senjata yang ampuh untuk memperkenalkan produk baru. Apalagi saat ini euforia penggunaan media sosial bisa menjadi salah satu sarana terbaik untuk melakukan promosi. Jangan lupa untuk menyiapkan bentuk promosi yang menarik melalui pemanfaatan beragam media. Sehingga orang-orang yang melihat promosi tersebut menjadi tertarik untuk ikut serta dalam acara launching produk.


Walaupun banyak rintangan untuk menyukseskan peluncuran suatu produk, namun kita juga harus ingat bahwa perencanaan yang matang dan kreatif akan menjadi kunci sukses bagi peluncuran produk. Jangan tunda lagi untuk mewujudkan ide-ide orisinal agar proses launching produk jadi makin mengesankan.


Alokasikan Anggaran Berlebih Saat Launching Produk Baru


Jika kita memiliki dana lebih untuk mengadakan acara launching produk, tidak ada salahnya bila kita berkonsultasi dengan tim konsultan pemasaran untuk membuat strategi launching produk yang efektif. Disamping itu, dana yang berlebih juga bisa digunakan untuk menyewa jasa SPG dan SPB (Sales Promotion Girl dan Sales Promotion Boy) atau menyiapkan hadiah-hadiah khusus bagi pelanggan setia yang mengikuti acara launching produk.

Satu hal penting lainnya adalah bahwa kita juga harus mencari tahu tentang minat pelanggan sebelum kita memutuskan untuk meluncurkan suatu produk. Minat pelanggan biasanya berbeda-beda tergantung dari kebutuhan, tingkat ekonomi, latar belakang budaya, daerah tempat tinggal serta kebiasaan hidup.

Dengan mengadakan riset sederhana tentang minat pelanggan, maka kita bisa menetapkan sejumlah langkah-langkah penting berikutnya sebelum melakukan launching produk.


Anda butuh tim xtra ordinary event organizer?

6 views0 comments

Comments


bottom of page